7 Sebab Penuaan Dini Akibat Makanan dan Kegiatan yang Salah

7 Sebab Penuaan Dini Akibat Makanan dan Kegiatan yang Salah

Sebab penuaan dini - Wanita ingin selalu tampil cantik dan menarik setiap saat. Namun pada kenyataannya proses penuaan tidak bisa dihindari. Penuaan merupakan proses alami yang pasti terjadi pada setiap orang. Akan tetapi pernahkah kita lihat wanita yang terlihat lebih tua dari pada umur aslinya. Pernahkah kamu penasaran apakah penyebab penuaan dini ?. Berikut beberapa hal penyebab penuaan dini yang perlu diperhatikan khususnya bagi wanita :


7 Makanan penyebab penuaan dini

1. Miras
Miras merupakan minuman yang diharamkan. Ternyata bukan hanya berakibat tidak baik untuk organ tubuh, namun mengkonsumsi miras juga membuat wajah terlihat lebih tua.

2. Gula pasir atau permen
Gula pasir atau permen jika hanya satu tidak terlalu berefk negatif. Namun terlalu banyak mengkonsumsi gula akan berakibat menyebabkan penuaan para kulit. Gula akan bercampur dengan protein hal ini akan membuat rusaknya kolagen pada kulit. Maka dari itu kurangi konsumsi gula pasir serta permen agar kulit dan wajah terlihat tetap muda serta mencegah kerusakan pada gigimu.

3. Pemanis buatan
Jika terlalu banyak gula alami saja mampu membuat penuaan dini. Apalagi jika terlalu banyak mengkonsumsi pemanis buatan semacam sakarin, siklamat. Padahal kebanyakan makanan serta minuman instan yang sering kita jumpai menggunakan bahan pemanis buatan. Jika kamu ingin terlihat tetap cantik diusia 40an. Kurangi konsumsi makanan yang mengandung pemanis buatan.

4. Garam
Garam merupakan bahan makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun terlalu banyak konsumsi garam akan memperbesar potensi terjadinya penuaan pada kulit kita. Selain itu terlalu banyak mengkonsumsi garam pada orang berusia 50 tahun keatas akan mempercepat proses osteoporosis.
Jadi jika kamu ingin tetap cantik awet muda serta memiliki tulang kuat. Kurangi asupan garam pada makananmu.

5. Lemak
Coba kamu bandingkan orang yang ideal dengan orang yang gemuk memiliki banyak lemak. Tentu kamu bisa membedakan mana yang lebih terlihat segar ?.

6. Makanan yang dibakar
Bukan suatu rahasia bahwa makanan yang dibakar ternyata kurang baik untuk tubuh. Namun untuk mengurangi dampaknya biasanya disiapkan mentimun. zat hidrokarbon pro-inflamasi yang terdapat pada sisa pembakaran akibat arang dapat merusak kolagen pada kulit.

7. Kafein
Kafein tetap dibutuhkan oleh tubuh. Namun dalam jumlah banyak kafein akan menyebabkan kulit terlihat lebih tua. Jadi jangan terlalu banyak ngopi ya.

8 Kegiatan Penyebab Penuaan Dini

1. Jarang minum
Kurang cairan jelas memengaruhi kelembaban kulit. Air merupakan komposisi paling penting buat tubuh, membantu melarutkan nutrisi serta menjaga kelembaban kulit. Dehidrasi akan membuat kulit terlihat kering, kusam dan sehingga membuat kamu terlihat lebih tua.

2. Tidur dengan wajah menghadap bantal
Hal kecil ini kadang kurang diperhatikan. Tidur dengan wajah menghadap bantal membuat trauma kecil pada wajah sehingga membuat lipatan pada kulit yang dapat merusak kolagen.

3. Begadang
Terlalu banyak begadang membuat kondisi tubuh kurang fit. Hal ini tentu saja akan membuat wajah terlihat letih yang berakibat wajah terlihat lebih tua.

4. Radiasi ultra violet
Sinar matahari yang bagus untuk kesehatan dalam membangun vitamin D dikatakan sebelum jam 9. Selepas itu paparan sinar matahari mengandung banyak sinar UV A dan UV B yang berbahaya untuk kulit. Sinar ultraviolet ini akan dapat menghitamkan pigmen kulit. Sehingga akan terlihat lebih hitam, selain itu juga akan menyebabkan kulit kering dan yang paling mematikan dapat menyebabkan kanker kulit. Maka dari itu gunakan pakaian untuk mengurangi paparan sinar ultraviolet matahari.

5. Rokok
Beberapa penelitian membuktikan bahwa merokok dapat merusak kulit melalui beberapa mekanisme. Seseorang yang merokok lebih dari 10 batang sehari selama 10 tahun lebih rentan mengalami kerutan pada kulitnya. Di tingkat molekural, rokok menghasilkan tekanan oksidatif, mengacaukan sirkulasi, dan memicu kerusakan DNA. Akibatnya, kerutan meningkat, warna kulit tidak rata, kulit tampak kering, kusam, dan rapuh.

6. Ekspresi wajah
Yang ini tentu saja kamu sudah tahu penyebabnya. Maka dari itu jangan sering cemberut ya. Senyum aja agar tetep awet muda dan jauh dari penuaan dini.

7. Polusi
Polusi terutama polusi yang terjadi dijalanan akibat asap kendaraan memiliki efek yang negatif buat kulit. Asap kendaraan yang menempel pada kulit membuat kulit terlihat kusam dan menghitam. Hal ini dalam waktu lama tentu saja akan membuat wajah terlihat lebih tua. Maka dari itu jangan lupa gunakan masker saat berkendara. Selain itu rajinlah cuci wajah.

8. Stress
Tingkat strees yang tinggi membuat wajah memiliki banyak lipatan. Masih butuh contoh ? Coba perhatikan orang yang sedang stress memiliki banyak masalah dengan orang yang sering senyum. Lebih segar mana?

Itulah beberapa sebab penuaan dini serta penyebab penuaan dini akibat konsumsi makanan serta kegiatan yang salah. Semoga bermanfaat.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by bela aja, Published at 06.00
Copyright © 2013 Perawatan Kesehatan Wajah | About Us | Contact | Disclaimer | Privacy Policy | Sitemap